Liburan Murah di 2 Danau Rekreasi Jakabaring Palembang

Jauh sebelum kawasan Jakabaring Palembang terkenal dengan komplek olahraganya, dulu Jakabaring adalah kawasan pasif berupa hamparan ilalang dan rawa. Demi perhelatan PON tahun 2004, kawasan Jakabaring Palembang akhirnya dibuka dan mulai dilaksanakan pembangunan. Salah satunya perumahan atlet yang kini dikenal dengan nama perumahan Ogan Permai Indah.

Nah di OPI ini ada satu danau buatan yang dulunya dikeruk dan tanah kerukan digunakan untuk penimbunan lahan perumahan atlet. Kini, danau buatan yang dikenal dengan nama Danau OPI ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Palembang untuk bersantai terutama di sore hari di akhir pekan.

Ada banyak sekali pondok yang didirikan warga di sekeliling danau sekaligus dijadikan tempat untuk bersantai atau mencicipi jagung bakar dan air kelapa. Beberapa restoran lain juga terdapat di danau OPI ini. Bagi yang suka olah raga air, di akhir pekan biasanya disewakan banana boat dan juga jet ski. Jika ingin mengelilingi danau dengan lebih santai, bisa menyewa perahu bebek seperti ini.

Danau Rekreasi Jakabaring
Perahu bebek yang dapat disewa
Danau Rekreasi Jakabaring
Perahu karet yang dapat dikayuh dengan dayung

Beberapa penduduk juga menyewakan perahu karet. Bagi anak-anak tentu kegiatan mengelilingi danau sangat menyenangkan. Namun yang terpenting faktor keselamatan harus terus diperhatikan. Mengenai lokasi danau OPI sendiri, karena tidak ada lagi kendaraan umum yang melewati kawasan ini, pengunjung harus membawa kendaraan sendiri. Letak danau OPI itu tidak jauh dari stadion Jakabaring dan OPI mall.

Danau Rekreasi Jakabaring
Danau JSC. Nampak arena tembak di kejauhan

Tak jauh dari Danau OPI ada juga danau JSC (Jakabaring Sport City). Sesuai namanya, danau ini memang terletak di dalam area komplek Jakabaring Sport City. Untuk masuk ke kawasan komplek olahraga, pengunjung dikenakan biaya Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil (per kendaraan, bukan per orang). Danau JSC terletak di depan arena tembak.

Danau ini juga digunakan jika sedang berlangsung perhelatan akbar pertandingan. Biasanya danau ini digunakan untuk olah raga air seperti lomba dayung, jet ski, kayak atau juga kano. Beberapa olahraga air lainnya juga dilakukan di danau ini.

Danau Rekreasi Jakabaring
Olahraga kano
Danau Rekreasi Jakabaring
Bersantai di tepi danau

Danau ini ukurannya lebih besar dari danau OPI. Secara penataan juga lebih baik. Kekurangannya tidak banyak pedagang yang ada di sini. Jikapun ada biasanya hanya menjual minuman dan makanan ringan. Walau begitu, menyusuri danau JSC ini di pagi dan sore hari sangatlah menyenangkan. Pengunjung dapat melihat proses matahari terbit dan terbenam di sini.

Danau Rekreasi Jakabaring
Alat Fitnes di tepi danau

Jika berkunjung di pagi akhir pekan, maka peralatan olah tubuh/fitness seperti ini dikeluarkan dan disusun di pinggir danau. Pengunjung juga dapat menggunakan peralatan tersebut dengan gratis tentunya dengan meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Bersepeda mengelilingi danau JSC ini juga sangat menyenangkan!

Mau di danau OPI atau danau JSC, kedua danau ini dapat dipilih sebagai sarana liburan murah meriah di kota Palembang.

Liburan Murah di 2 Danau Rekreasi Jakabaring Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,465 times, 4 visits today)

1 Comment

  1. NinaFajriah
    August 18, 2015

    Aku sduah lama ndak kesini. Biasanya nongkrong dipinggir danau sambil makan jagung bakar, hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *