Menikmati Sunset Romantis di Danau OPI Jakabaring Palembang

Kawasan seberang Ulu tepatnya di Jakabaring ada satu danau buatan yang biasanya dikunjungi muda-mudi Palembang. Objek rekreasi favorit ini terletak di komplek perumahan Ogan Permata Indah (OPI) Jakabaring. Untuk menuju ke danau OPI ini tidaklah sulit karena lokasi berada di jalan Gubernur H. Bastari atau dekat dengan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, tempat markas besar Sriwijaya FC latihan.

Danau OPI Jakabaring Palembang
Foto : TribuneNews Palembang

Terletak di seberang ulu Sungai Musi, sehingga dari arah Masjid Agung kita menyebrangi Sungai Musi dengan naik Jembatan Ampera. Ikuti jalan lurus yang lumayan jauh sekitar 5 km dari Jembatan Ampera. Lalu di sebelah kanan kamu bisa melihat gerbang Perumahan OPI, berdekatan dengan OPI Mall. Setelah masuk gerbang, lurus saja ikuti jalan dan akan menemukan sebuah danau. Di sekeliling danau juga terdapat beberapa gazebo ala kadarnya yang dibuat untuk duduk bersantai.

Agak sulit kalau menggunakan transportasi umum, tapi kalau mau coba bisa menggunakan angkot palembang dari jalan Merdeka atau di bawah Ampera naik angkot jurusan Ampera – Kertapati (warna kuning) atau Ampera – Plaju (warna merah) dengan ongkos Rp. 4000. Kemudian, turunlah di simpang empat lampu merah di bawah flyover Jakabaring. Di sana, coba cari angkot juruan OPI, bajaj atau ojek yang bisa mengantar ke danau OPI.

Oleh penduduk setempat, dibuatlah jajanan untuk dijajahkan ke pengunjung yang sedang bersantai. Ciri khasnya jagung bakar dan es dogan sejuk yang melegakan tenggorokan. Sambil kita asik mengobrol dengan teman, maka kita juga akan mencium aroma wangi dari bakaran jagung.

Danau OPI Jakabaring Palembang
Foto : TribuneNews Palembang
Danau OPI Jakabaring Palembang
Foto : Panoramio

Adanya kolam buatan ini tentunya mendukung ekonomi warga setempat, mereka tidak abis akal untuk menyediakan sewa permainan air seperti banana boat, perahu karet, dan perahu bebek yang dikayuh. Romantis sekali kan bagi kamu yang sedang kasmaran datang berdua. Khusus buat kamu yang ingin mencoba sensasi di hempa air dari banana boat, jangan sungkan untuk datang bersama teman-teman lainnya. Selain itu, anak-anak di kompleks perumahan juga suka mandi dan berenang di tepi danau yang airnya juga cukup bersih dan jernih.

Danau OPI Jakabaring Palembang
Foto : Panoramio

Tips berkunjung ke Danau OPI Jakabaring :

Untuk mengunjungi danau OPI ini, ada baiknya mengetahui apa-apa saja yang mungkin perlu diketahui ketika ingin ke sini, di antaranya :

  1. Datanglah di sore hari, karena danau baru ramai di jam-jam sore, apalagi jika sedang weekend. Kalau siang hari juga sangat panas. Perpohonan di sekitar danau belum begitu tinggi dan cukup untuk menedukan tempat duduk kita. Sayangnya ada beberapa penjual yang kadang ngotot menyuruh beli dagangan mereka karena duduk di pondokkan warung mereka. Jadi carilah pondokkan yang penjualnya belum buka di siang hari.
  2. Kalau mau bersantai tanpa gangguan, bisa sewa perahu karet/perahu bebek. Karena jumlah pengamen di tempat ini sangat banyak. Tak hanya pengamen, terkadang juga banyak anak-anak yang mengemis di sini.
  3. Kalau ingin berenang di kolam, hati-hati tapi saran saya lebih baik berenang di kolam renang asli. Karena banyak kasus orang yang tenggelam di danau ini.
  4. Kalau berkunjung di malam hari, apalagi hari biasa (bukan weekend) jalanan agak sepi. Untuk keamanan  jangan lewat sendiri ataupun hanya beberapa orang saja jika anda lewat di malam hari dengan keadaan jalanan yang sepi.

Danau OPI ini bebas dikunjungi wisatawan setiap hari. Kalau kamu ingin menikmati Danau OPI lebih baik datang di waktu senja karena cuaca tidak begitu panas dan bisa menikmati sunset di pinggiran danau. Sunset di danau ini sangat indah jika kita mendapat posisi yang tepat. Carilah tempat duduk yang menghadap barat agar bisa melihat pantulan sinar matahari yang akan tenggelam di air danau yang biru.

Penasaran dengan tempat ini? Jangan lupa ya Danau OPI Jakabaring masuk dalam itenary. Selamat menikmati sunset sore di danau OPI.

Menikmati Sunset Romantis di Danau OPI Jakabaring Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,954 times, 1 visits today)

Travel and Food Blogger. Jalan2 dan Makan2 yuk! Catch me at deddy.huang[at]yahoo[com] or @deddyhuang (Instagram)

1 Comment

  1. NinaFajriah
    July 14, 2015

    Tips berkunjungnya oke banget 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *