Punti Kayu, Hutan Wisata di Tengah Kota Palembang

Jika anda sudah mengagendakan berlibur ke Palembang, tidak ada salahnya untuk memasukkan Taman Wisata Alam Punti Kayu di dalam daftar tempat yang akan dikunjungi selama di Palembang.

Kenapa?

Sumber: Palembang.go.id
Sumber: Palembang.go.id

Taman Wisata Alam Punti Kayu adalah satu-satunya hutan wisata yang berada di tengah kota Palembang dan di provinsi Sumatera Selatan. Punti Kayu ini sangat dekat, hanya 10 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, atau 30 menit dari dari titik nol Kota Palembang, tepatnya berada di Jalan Kol. H Burlian, Km.7, Kecamatan Sukarami, Palembang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu seluas 50 hektar dan telah dikelola secara profesional ini merupakan kawasan konservasi untuk melindungi keanekaragaman jenis flora dan fauna. Kawasan ini sudah menjadi hutan lindung yang dilindungi negara sejak 1998, didalamnya terdapat ratusan ribu pohon pinus.

Hutan Wisata Punti Kayu - 1

Hutan pinus di Punti Kayu merupakan hutan pinus kota terbesar di Indonesia. Sebagian hutan pinus ini menjadi habitat bagi kera. Sehingga hutan pinus ini memberikan nuansa berbeda, asri, sejuk dan pemandangan yang indah. Jika berjalan-jalan, kita bisa melihat beberapa kera duduk santai di pohon pinus.

Hutan Wisata Punti Kayu sudah dibangun sejak 1986 dan kini menjadi kawasan terbuka hijau Kota Palembang. Hutan Wisata Punti Kayu ini akan semakin ramai di hari libur dan akhir pekan, karena sangat cocok menghabiskan waktu berpiknik ria, bersama keluarga di hari libur ataupun di akhir pekan. Bahkan ada pengunjung yang datang dari luar kota dengan menggunakan bus untuk berwisata di Punti Kayu. Kesegaran aroma hutan pinus dan panoramanya, akan membuat decak kagum ditambah melihat aneka jenis satwa yang ada di penangkaran.

Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu terbagi menjadi 4 wilayah

  1. Wilayah hutan lindung
  2. Wilayah perkemahan
  3. Wilayah danau dan rawa
  4. Wilayah taman rekreasi

Wilayah taman rekreasi menjadi tempat paling favorite karena terdapat banyak fasilitas memanjakan pengunjung. Mulai dari fasilitas kolam renang, kebun binatang, gazebo, penangkaran buaya, sarana olah raga dan ruang serba guna.

Hutan Wisata Punti Kayu -4

Ada juga arena menunggang kuda, gajah, taman bunga, taman bermain anak, dermaga perahu, kolam renang anak, jembatan gantung, dan panggung terbuka.

Di Kebun binatang Punti Kayu, pengunjung bisa melihat 20 jenis satwa mulai dari buaya muara, landak, macan tutul, beruang, bebek, ular, ayam kalkun, elang bondol, elang garuda, malu-malu, siamang, kelinci, burung kuntul perak, kucing hutan, merpati, monyet, lutung simpei, orang utan, angsa, biawak, hingga burung kasuari.

Hutan Wisata Punti Kayu -11

Selain bisa bersantai, menikmati telaga, menunggang kuda dan gajah, menyebrangi jembatan gantung. Pengelola Punti Kayu juga menyediakan paket-paket permainan outbound. Dan bisa menantang nyali pengunjung dan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda.

Bahkan disini juga terdapat arena bermain seperti ayunan, komidi putar, bianglala hingga Kid Water Park. Bahkan banyak sekolah maupun universitas yang juga melakukan kegiatan berkemah di Punti Kayu.

Hutan Wisata Punti Kayu -8

Transportasi ke Taman Wisata Alam  Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu ini sangat mudah dijangkau bisa dengan kendaraan umum Buskota jurusan km 12, Trans Musi, Taxi dan kendaraan pribadi.

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini buka mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Hutan Wisata Punti Kayu -10

Untuk tiket masuk bagi masyarakat umum sebesar Rp. 5.000,- untu anak-anak dan Rp.10.000,- untuk dewasa. Pada hari libur dan hari Minggu, harga tiket untuk dewasa menjadi Rp.12.000,- dan Rp.6.000,- untuk anak-anak.

Jika membawa kendaraan pribadi, bisa membawa kendaraan masuk ke dalam area hutan wisata Punti Kayu ini, anda harus  membayar Rp 6.000,- untuk motor dan Rp. 12.000,- untuk mobil sebagai tiket masuk kendaraan.

Fasilitas di Taman Wisata Alam Punti Kayu

  1. Lahan parkir yang luas
  2. Mushola
  3. Pusat informasi
  4. Toilet umum
  5. Kantin/pondok pedagang yang menyediakan aneka jenis makanan dan minuman
  6. Pos keamanan
Punti Kayu, Hutan Wisata di Tengah Kota Palembang
3 (60%) 2 votes
(Visited 6,932 times, 1 visits today)

Jurnalis TV lokal di Palembang, penulis indie yang mengejar mimpi masuk major publisher, penyuka jalan-jalan, pecinta kopi, cokelat dan es krim, senang merajut dan menjahit baju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *