Wisata Religi ke Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Hello Palembang… Memasuki bulan suci ramadhan, pas banget nih bagi Travelers khususnya yang muslim untuk ikut menyambut kehadiran bulan yang penuh makna ini, apalagi Travelers bisa mengisi waktu puasa dengan beribadah sekaligus berwisata dan memperdalam ilmu agama. Di Palembang sendiri ada sebuah masjid paling besar dan terletak ditengah-tengah kota , yaitu Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I atau biasa disebut Masjid Agung Palembang.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Untuk bangunannya sendiri, Masjid Agung Palembang ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni Nusantara, China dan Eropa. Gaya khas arsitektur Nusantara adalah pola struktur bangunan utama berundak tiga dengan puncaknya berbentuk limas. Bentuk arsitektur Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama dan menara yang atapnya seperti kelenteng. Menara dengan gaya asli Cina tersebut masih dipertahankan sampai sekarang. Masjid ini sangat khas dengan tradisi Palembangnya. Sebagian besar kayu yang terdapat di arsitektur masjid memiliki ukiran khas Palembang yang disebut Lekeur.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Masjid Agung Palembang merupakan salah satu warisan Kesultanan Palembang. Masjid ini dikenal sebagai pusat kota Palembang. Dibangun 1738-1748 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang juga dikenal sebagai Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Di dalam bangunan Masjid Agung Palembang, ternyata memiliki sebuah perpustakaan Islam yang berada di lantai III pada Serambi Kiri ketika masuk dari gerbang arah Bundaran Air Mancur. Perpustakaan Islam ini berusia cukup tua, dan untuk mencapai lokasi perpustakaan, Travelers harus melewati dua rangkaian anak tangga menuju ke lantai tiga. Perpustakaan ini memang berada dan menjadi bagian dari bangunan Masjid Agung.  Dahulunya Perpustakaan ini bernama Perpustakaan Departement Agama yang berdiri pada tahun 1975. Dan pada tahun 1989, Perpustakaan Departement Agama berubah menjadi Perpustakaan Masjid Agung hingga sekarang.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Perpustakaan Masjid Agung banyak koleksi buku-buku Islam yang sudah berusia tua seperti Buku Kitab Kuning, Fiqih, Tauhid, Tafsir, Hadist, dan tentunya sejarah Islam. Selain itu buku baru tentang Islam juga disediakan disini. Jadi pas banget bagi Travelers muslim ingin memperbanyak ilmu dan amalan di bulan ramadhan dan bulan-bulan lainnya untuk berkunjung kesini, bagi mahasiswa juga ini sangat membantu dalam skripsi yang bahasannya berkaitan dengan Islam. Untuk masuk ke perpustakaan yang terdapat di dalam Masjid Agung Palembang ini gratis loh, jadi gak ada ruginya, dan buka mulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib setelah sholat ashar.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Jika  di Jakarta ada Bundaran HI, di Palembang juga terdapat Bundaran Masjid Agung Palembang, letaknya bersebelahan dengan Masjid Agung Palembang serta menghadap langsung ke Jembatan Ampera.

Area halaman Masjid Agung Palembang sendiri juga selalu ramai dikunjung orang setiap harinya, apalagi sekarang momentnya di bulan ramadhan, pasti sore-sore jadi sangat ramai karena banyak yang memilih Masjid Agung Palembang sebagai lokasi ngabuburit sekaligus juga terdapat pasar dadakan untuk berbuka di area halaman Masjid. Tentunya dengan menu khas berbuka puasa dan aneka panganan khas kota Palembang tersaji disini. Wisata Religi sekalian Wisata Kuliner nih Travelers. So.. Ayo Pesan tiket ke Palembang dari sekarang.

Wisata Religi ke Masjid Agung Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 620 times, 1 visits today)

Blogger Wongkito Palembang… ♡ culinary + ♡ Traveling + ♡ mountaineering + ♡ swimming + ♡ drawing/sketching + ♡ music

4 Comments

  1. Erie Khafif Mukti
    June 20, 2015

    bulan puasa ramadhan ini mudah2an bisa sempat ke sini.

    Reply
  2. suzan
    June 22, 2015

    Semakin nikmat Ramadhan di Masjid Agung

    Reply
  3. Bima Kurniawan
    June 22, 2015

    Indahnya masjid agung palembang

    Reply
  4. M. Aulia Ramadhani
    June 22, 2015

    Pengen tarawih di sini, aaamiiinn…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *