Ziarah Kubro: Wisata Budaya Kota Palembang

Sebuah kota  tidak selalu identik dengan tempat khas atau bentuk geografis yang unik, juga tidak selalu identik dengan kuliner dengan cita rasa yang berbeda, namun sebuah daerah juga memiliki ke “khas” annya yang istimewa, yaitu keunikan budaya yang melekat dalam masyarakat suatu daerah tersebut. Kota Palembang yang memiliki sejarah kesultanan Palembang Darussalam, memiliki budaya khas yang tiap tahun dilakukan oleh kesultanan yang didukung oleh para habib dalam menyambut bulan Ramadhan, yaitu dengan melaksakan Ziarah Kubro.

Ziarah Kubro secara harfiah berarti ziarah besar, atau dalam pengertiannya adalah ziarah yang dilakukan oleh kesultanan Palembang Darussalam dan kaum alim ulama Palembang untuk berziarah ke makam para ulama – ulama terdahulu yang telah menyebarkan agam islam di bumi Sriwijaya.

Peta Lokasi Ziarah Kubro
Peta Lokasi Ziarah Kubro

Pada Tahun ini, ziarah kubro dilakukan bertepatan dengan tanggal 24 sampai dengan 26 sya’ban / 12 sampai dengan 24 juni 2016.  Kegiatan yang telah berlangsung dari tahun ke tahun semakin semarak dengan beragam kalangan yang ikut meramaikan kegiatan kebudayaan ini, mulai dari keluarga kesultanan, habib, warga palembang keturunan Arab, warga palembang asli sampai dengan tamu dari berbagai Negara. Pada tahun ini turut dihadiri berbagai ulama dari 7 negara yang mengikuti ziarah kubro ini.

Kegiatan ini dimulai sekitar jam 05.00 WIB setelah shalat shubuh dengan tempat berkumpul di masjid Darul Muttaqien di Pasar Kuto Palembang, lalu mulai berziarah ke Guba Al-Habib Ahmad bin Syech Shahab di Jl. Dr. M Isa sampai dengan waktu sholat jumat. Setelah sholat jumat acara dilanjutkan dengan Majlis  Rauhah dan Haul di Pondok Pesantren Ar-Riyadh.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai pada pukul 06.30 dengan acara Ziarah Pemakaman ‘Ulama dan Auliya’ Telaga Sewidak dan Baabussalam dan dilanjutkan dengan Haul Al-Faqihil Muqaddam Tsani Al-Habib Abdurrahman As-Seggaf. Dan Pada hari terakhir, ziarah dilakukan ke pemakaman keluarga kesultanan Palembang Darussalam di kawasan tempat pemakaman Kawah Tengkurep.

Kegiatan Ziarah Kubro
Kegiatan Ziarah Kubro

Kegiatan ziarah yang diikuti ribuan jamaah laki-laki yang melakukan long march, yang diiringi dengan lantunan zikir dan doa. Jamaah berpakaian putih – putih plus kopiah putih, ada juga yang menggunakan sorban. Panas matahari yang terik selama 3 hari berturut-turut tidak mengurungkan niat para jamaah yang begitu antusias mengikuti event budaya tahunan ini.

Kegiatan Ziarah Kubro
Kegiatan Ziarah Kubro

Tentu kegiatan ini dapat menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyenangi melihat keragaman budaya dari tiap – tiap daerah yang khas. Hasil akulturasi budaya lokal dengan budaya yang dibawa oleh pendatang dan dikombinasikan menjadi suatu kegiatan yang khas bagi kota Palembang dengan sejarahnya yang panjang. Travelers tertarik? Ayo saksikan event budaya ini setiap satu minggu menjelang bulan Ramadhan tiba.

Ziarah Kubro: Wisata Budaya Kota Palembang
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 3,157 times, 1 visits today)

Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

5 Comments

  1. Erie Khafif Mukti
    June 16, 2015

    ramai sekali para jamaahnya yg ziarah yah..
    penulisnya ini manjat di mana bisa memfoto dari atas?

    Reply
    1. Muhammad Aldrin
      June 17, 2015

      Fotonyo minta sama panitia om erik, ga sempat manjat2. Hehehe
      Thanks atas kritikannya…

      Reply
  2. Nina
    June 17, 2015

    Subhanallah 🙂

    Reply
  3. M. Aulia Ramadhani
    June 19, 2015

    Penasaran pengen liat langsung event ini, padahal tiap tahun rutin dilakuin.

    Reply
  4. Hj Ariffin Yusoff
    August 5, 2015

    Saya mohon saudara h8ngi melai email saya untuk saya dapat kan nasihat bagi membantu saya me range satu itinerary lawatan yang sempurna untuk Jemaah saya ke Palembang yang akan laksa balance pada bulan November tahun ini nanti

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *